Minggu, 31 Juli 2011

Komparasi BlackBerry 9650 vs 9700 vs 9780 vs 9800 dan Tips Membeli BlackBerry Online



Hai Sahabat Finale, beberapa waktu yang lalu, saya menemani saudara sepupu saya untuk membeli sebuah Smartphone BlackBerry baru, karena BB nya yang lama terkena sebuah insiden yang cukup mengenaskan, yaitu tercebur di air laut saat sedang liburan sekolah di pantai Bali x_x untuk detail dan kelanjutannya ga usah diceritakan yah. karena dapat dibayangkan seperti apa, huff..

singkatnya, sepupu saya tersebut ingin membeli BB yang baru, karena miliknya yang lama kemungkinan tidak tertolong lagi dan harus mengganti komponen di dalamnya seharga 2 juta rupiah (saya kurang tahu persisnya komponen apa) BB tersebut Void garansinya (BERRINDO), karena termasuk dalam kasus kelalaian konsumen. oleh karena itu, ia berpikir daripada harus mengganti, lebih baik ganti dengan yang baru. toh, harganya beda hanya sedikit.

nah, berhubung ia malas berhubungan dengan spesifikasi teknis (sepupu saya wanita) dia meminta tolong kepada saya untuk merekomendasikan calon pengganti BB nya. (bukan pengganti pasangannya lho.. hehe) setelah saya melihat-lihat catalog, ada 5 kandidat utama yang akan saya tandingkan kembali, yakni BB 9000 Bold, 9650 Essex, BB 9700 Onyx, BB 9780 Onyx 2 and BB 9800 Torch. namun BB 9000 terpaksa harus saya singkirkan dari daftar karena menurut saya spesifikasi nya sudah agak tertinggal dengan BB generasi baru, ditambah lagi baterainya yang boros (wajib baterai cadangan untuk pemakaian dengan itensitas tinggi) dan kualitas kamera dan hasil foto yang kurang baik. namun BB 9000 Bold memiliki dimensi yang cukup besar, dan sangat nyaman untuk digenggam dan dibuat untuk mengetik.. namun agak sedikit ketat bila dimasukkan kedalam kantong. hehehe.

jadi, hanya tersisa BB 9650 Essex, 9700 Onyx , 9780 Onyx 2 dan 9800 Torch sebagai kandidat. Spesifikasi internal ke 4 Blackberry tersebut dapat dikatakan cukup similar, untuk BB 9650 dan BB 9700 dari spesifikasi menurut saya biarpun harga BB 9650 Essex lebih murah (Beda +-800 ribu rupiah), namun spesifikasinya jauh lebih baik dibanding BB 9700 Onyx. BB 9650 memiliki kapasitas RAM 2x lipat dibanding BB 9700 yakni 512MB RAM, dan 528 Mhz Quallcomm Processor, dan juga bisa digunakan dalam mode CDMA, dimana hal ini tidak dapat dilakukan BB 9700.selain itu, BB 9650 Essex memiliki dimensi yang lebih besar, dan memiliki nilai plus dibanding semua jenis BB yang lain, yaitu tingkat radiasi (SAR) yang paling kecil. kedua smartphone ini sama-sama menggusung kamera 3.2 Megapixel dan BB OS 5 yang upgradeable ke BB OS 6. untuk spesifikasi teknisnya, dengan harga BB 9650 pada kisaran Rp. 2.9 juta dan BB 9700 Pada Rp. 3.7 Juta (Harga per 10 Juni 2011), BB 9650 memiliki feature yang lebih canggih dan oleh karena itu lebih worthed untuk dibeli dibanding BB 9700. fenomena kenaikan harga pada BB 9700 menurut saya lebih ke faktor psikologis pasar, dimana permintaan akan BB tipe ini sangat tinggi karena sudah banyak dipakai secara luas sehingga menimbulkan image bahwa produk tersebut sudah cukup baik dan teruji. namun menurut saya pribadi, BB 9700 dengan feature nya yang terbatas terlalu overpriced.

BB 9650


BB 9700 vs 9650

melanjutkan dari analisa diatas, ada suatu keanehan Harga BB Onyx dengan Onyx 2, yaitu ternyata harga keduanya tidaklah terlalu berbeda jauh, yakni BB Onyx 2 dengan Harga Rp 3.850 juta atau hanya berbeda 150ribu rupiah dibanding BB Onyx. Feature nya? BB 9780 aka Onyx 2 (dari namanya sudah kelihatan adalah upgrade BB 9700 onyx 1, hehe) lebih canggih dibanding pendahulunya tsb, yaitu 512mb RAM, 5 Megapixel Camera dan OS 6 Built in.) soo jelas dari analisa BB 9650, 9700 dan 9780 maka terpaksa BB 9700 aka Onyx 1 harus saya singkirkan karena tidak value for money..

nah, sekarang kita beralih ke BB 9800 aka BB Torch. BB ini merupakan BB ketiga yang mengaplikasikan TouchScreen ke dalam feature nya setelah BB Storm 1 dan Storm 2. feature internal yang diusung sangat mirip dengan BB 9780 aka Onyx 2, bila tidak dapat dikatakan sama persis, hehe.. hal yang membuat Torch lebih unggul dibanding Onyx 2 hanyalah pada dimensinya yang cukup lebar, sehingga lebih nyaman untuk digenggam, selain itu teknologi touchscreen nya cukup sensitif ala Iphone. layarnya juga lebar sehingga sangat nyaman digunakan untuk BBM-an ataupun menggunakan aplikasi. dan tentu saja tidak ketinggalan browsing dan menulis/membaca e-mail. coba lihat videonya disini : klik ini


 


oh iya, Torch juga memiliki 512 MB ROM (Read Only Memory) yang saya kurang tahu persis kegunaannya pada Smartphone seperti BB, namun pada Onyx 2 aka 9780, ROM ini tidak ada.

Harga Torch per 10 Juni 2011 adalah Rp.4.250 Juta dengan garansi royal 2 tahun, atau berbeda sekitar Rp.400 ribu dibanding dengan Onyx 2.


BB 9800 Torch.. Hmm.. layarnya lebar yahh.



nah, BB Essex, Onyx 2 dan Torch memiliki poin-poinnya yang kuat masing-masing, yang apabila dirangkum menjadi seperti ini:

BB 9650 essex = (+)Value for Money, GSM-CDMA Switchable, low Radiation (-)The Model is classic, and the Camera is only 3.2 Megapix.

BB 9780 Onyx 2 = (+) almost nothing special compared to its price, mungkin BB OS 6 dan Camera 5 Megapix? (-) lebih mahal dibanding Essex, dimensi karena sama persis dengan Onyx 1 lebih kecil dibanding Essex.

BB 9800 Torch = (+) Big Screen, Smooth, sensitive and Touch Screen with BB 9780 internal specs, nice model, huge dimension, not always relyin on trackpad (-)paling mahal diantara ke tiga pilihan.



setelah menimbang-nimbang hal tersebut diatas, dan menyesuaikan dengan feature feature yang sering digunakan oleh sepupu saya akhirnya pilihan jatuh kepada BB Torch, dan barang dibeli dari salah satu seller online di FJB Kaskus yang sudah menjadi langganan Finale. barang dikirim menggunakan JNE langsung ke rumah sepupu saya karena kebetulan pada saat itu saya sedang berada di luar Jakarta =) namun pertama-tama sebelum menjadi langganan sebelumnya Finale pernah melakukan transaksi  dengan metode Cash on Delivery, setelah melakukan konfirmasi secara online BB yang di inginkan, serta waktu dan tempat yang ditentukan (pada saat itu di kelapa gading) karena beliau memiliki toko di dunia nyata dan memiliki pelanggan yang banyak, dengan harga yang relatif lebih murah dibanding sebelah,  maka Finale apabila ingin membeli gadget pasti ke langganan Finale ini, pokoknya bisa dipercaya.. hehe..




Pembelian barang secara online memang lagi ngetrend akhir-akhir ini karena sangat fleksible dan tidak harus bertemu untuk mendapatkan suatu barang. apabila ada yang tertarik untuk membeli juga secara online, dan baru pertama kalinya, hendaknya harus hati-hati dalam memilih seller karena tidak semua seller di online adalah seller yang baik dan benar2 nyata. banyak penipuan yang akhir-akhir ini makin marak dilakukan di dunia maya. berikut adalah tips yang mungkin dapat membantu untuk membeli barang secara online: (versi finale)

1. Tentukan Budget dan Jenis barang yang ingin anda beli

2. Tentukan feature-feature yang paling anda butuhkan dari barang yang ingin anda beli tersebut

3. pilihlah beberapa merk item yang memenuhi kriteria yang anda inginkan tersebut.dan bandingkan satu persatu disesuaikan dengan kebutuhan / kesukaan anda

4. usahakan cari kesempatan untuk test drive barang yang ingin anda ingin beli tersebut, pilih yang paling pas di hati setelah mencobanya. atau paling tidak, ketahui penampakan barangnya, bisa melalui search foto dan video di Internet.
 
5. cari barang yang sudah dipastikan ingin anda beli tersebut di Internet. cari toko-toko yang menjualnya, dan bandingkan harganya bila perlu. kumpulkan beberapa seller yang memberikan harga terbaik.

6. pastikan bahwa toko online tempat anda ingin membeli tersebut memiliki reputasi yang baik ( dapat dilihat dari komentar pembaca, dan juga memiliki beberapa testimonial dan feedback yang positif dari orang yang pernah membeli) juga memiliki alamat, dan nomor telp yang bisa dihubungi

7. Akan lebih baik apabila toko online tersebut memiliki toko di dunia nyata, dan memiliki pengetahuan akan barang yang dijualnya dengan baik dan menyeluruh.dan dapat memberikan foto/video stock barangnya yang dijualnya dengan melampirkan tanda bahwa foto tersebut adalah asli miliknya dan buatannya sendiri (misal: mencantumkan ID seller internet sama dengan yang ada di foto)

8 apabila memungkinkan dan baru pertama kalinya, jangan ragu melakukan Cash on Delivery, artinya, setelah melihat dan menentukan juga menanya ketersediaan barang via online, transaksi dilakukan dengan bertemu bertatap muka secara langsung pada waktu dan tempat yang ditentukan dan disepakati bersama. sehingga barang dapat langsung diterima.

9. jangan ragu-ragu juga menggunakan jasa rekber, atau rekening bersama. artinya, dana di transfer ke pihak ke 3 sebagai perantara, dan kemudian saat perantara tersebut menyatakan bahwa dana sudah diterima, perantara tersebut akan menghubungi pihak seller dan barang akan dikirim kepada customer. setelah barang sampai di tangan customer, customer menghubungi perantara dan perantara akan meneruskan dana ke rekening seller. (membutuhkan no resi)



huff, ternyata capek juga yah nulis artikel, semoga artikel dan tipsnya bisa bermanfaat bagi para pembaca, nah karena Finale belum mandi dan belum makan, maka sepertinya sampai sini dulu yah artikelnya. Terima Kasih atas waktunya dan selamat malam semuaa =D

-Fin

2 komentar:

  1. thanks finale.
    very good review, thumbs up.

    ane blon pernah pake bb, lagi mau cari buat keperluan kerjaan, push email, messaging etc.

    BalasHapus
  2. terimakasih udah bantu detail secara rinci... karna saya msih bingun mo beli onix 2 ato torch.. krna klo torch.. saya msih tkut dgan gaya slide n layar sentuh, krna saya dlu punya bb storm... n ternyata lyarnya rusak.. makanya saya agak sedikt jera sich klo pnya tipe slide n lyar sentuh.. hehehhee.....

    BalasHapus