Sabtu, 15 Oktober 2011

Mengenal RFID, dan Aplikasinya Pada Business Masa Depan

Hi sahabat Finale, jumpa lagi dalam entri Finale kali ini !
dalam kesempatan  kali ini, Finale ingin membuat tulisan tentang Radio Frequency Identification, atau nama gaulnya yang lebih terkenal yaitu RFID. untuk yang belum familiar, teknologi RFID adalah sebuah metode untuk mengidentifikasi objek dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data dari jarak tertentu.

Label/RFID card adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi, misalnya listrik/baterai.


teknologi RFID sebenarnya sudah ada dan dipergunakan sejak tahun 1946 untuk kepentingan perang, dan juga sebenarnya bukan sebuah teknologi yang baru berkembang. bahkan beberapa negara maju, misalnya seperti negara tetangga terdekat kita, Singapura mengaplikasikan RFID ini pada Jalan Tol nya, sehingga untuk memasuki jalan tol mereka tidak perlu lagi yang namanya melakukan kontak dengan petugas, atau mengantri karena saat melewati RFID Reader, otomatis saldo yang di dalam Label RFID tersebut akan terpotong.




namun karena mungkin dirasa cukup praktis dan reliable, banyak perusahaan yang kemudian melakukan development dan improvement dari teknologi RFID ini, dan diperkirakan bahwa pada masa depan nanti, seluruh barcode akan diganti dengan teknologi RFID ini, dan bahkan semua transaksi akan menggunakan teknologi RFID ini. wow!

sebelumnya, untuk mengenal lebih lanjut tentang teknologi RFID ini, coba lihat deh video ini:


hmm... cukup menarik yah.. nah, mungkin teknologi RFID ini kemungkinan akan menjadi lumrah digunakan sebagai pengganti Barcode, karena bentuknya yang kecil dan juga dapat berjalan secara otomatis, selain itu juga mengeliminasi antrian, tetapi sayangnya sekaligus juga mengeliminasi tenaga kerja.. hehe.

apabila diterapkan di Retailer Business di Indonesia (seperti Carefour) menurut Finale akan banyak kelebihan yang ditawarkan meningatkan efisiensi, tapi tentu saja juga ada kekurangannya seperti berikut :

Kelebihan :
  • Mempercepat Proses Penyimpanan Barang di Gudang 
  • Meningkatkan akurasi Manajemen Inventory
  • Meningkatkan Efisiensi karena tidak perlu membayar banyak tenaga kerja
  • Mencegah kesalahan biasa yang terjadi apabila dilakukan manusia
  • Mengeliminasi Antrian
  • Lebih Praktis dan Cepat
  • Lebih Aman karena tidak perlu membawa cash
  • Bagi Perusahaan, dapat memantau apa saja yang dibeli oleh seseorang, dan dapat menawarkan promosi yang tepat

Kekurangan :
  • Apabila harga barang yg ditarik dari saldo tidak sama dengan yang  tercantum di rak/shelf maka kita akan sulit memantaunya karena tidak ada bon/struk pembelian.
  • secara otomatis mengurangi lapangan kerja
  • menjadi sangat tergantung dengan hardware-hardware yang terkait dengan sistem RFID ini untuk dapat bekerja dengan baik.
  •  harga perangkat RFID dapat dikatakan masih cukup mahal, dan masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan
  • Masalah privacy


nah, demikian tulisan Finale mengenai RFID. sebenarnya Finale agak sedikit mempermasalahkan lapangan kerja yang pasti akan tergerus apabila teknologi ini sudah diaplikasikan secara luas. jadi,apakah teknologi RFID ini akan diterapkan di Indonesia dalam waktu dekat? mari kita lihat perkembangan nantinya..

-Fin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar