Selasa, 27 September 2011

Pengalaman Pertama Beli Ticket Pesawat Online

Hai sahabat Finale =D


beberapa waktu yang lalu, Finale membeli ticket untuk sebuah perjalanan ke pulau dewata. kalau biasanya Finale memesan ticket pesawat melalui Travel Agent, kali ini Finale mencoba untuk membeli tiket melalui website resmi pesawat secara online.

Finale berencana untuk berangkat dengan menggunakan pesawat citilink/air asia karena menurut rekomendasi dari teman, ke 2 maskapai tersebut dapat dikatakan paling terjangkau. nah, saat melihat-lihat harga tiket di kedua websisite resmi maskapai penerbangan, ada sesuatu yang menarik perhatian Finale, yaitu perbedaan antara kedua website tcitilink dan air asia dalam menyajikan user interface kepada calon penumpang. berikut ini adalah tampilan website Air Asia:


dari website airasia dapat kita lihat kalau airasia di websitenya tidak hanya mengutamakan penjualan dari ticketnya, yaitu dengan bermacam-macam promosi lainnya, termasuk informasi penerbangan, informasi hotel bahkan informasi kerjasama dengan promo kerjasama dengan pariwisata suatu negara atau film cinema tertentu.

setelah itu mari kita lihat website dari citilink:



dapat kita lihat bahwa website citilink terlihat lebih simpel, tapi lebih fokus terhadap bisnis utamanya, dan oleh karena itu setelah saya coba, informasi yang diberikan juga lebih detail, termasuk jenis pembayaran yang dapat diterima.

dalam pembayarannya, menurut saya citilink sedikit lebih mudah dan bervariasi dibandingkan dengan AirAsia. selain itu, AirAsia tidak hanya mengandalkan Flight sebagai satu-satunya business utamanya, tetapi bekerjasama dengan pihak ketiga dan menyediakan Hotel,  bahkan menyewakan Mobil =).

jadi, ini merupakan pengalaman yang menarik bagi Finale =D biarpun bisnisnya sama, ternyata websitenya dapat diatur sedemikian rupa untuk mengeruk keuntungan diluar bisnis utama yang dijual =)

-Fin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar